Tencent Menangkan 2.9 Juta Dolar dalam Gugatan Terhadap Moonton, Pengembang Mobile Legends

0
mobile legends

Perusahaan induk Riot Games yaitu Tencent Holdings berhasil memenangkan 2.9 Juta Dolar dalam gugatan terhadap CEO Moonton Technology, Xu Zhenhua. Gugatan hukum ini dilakukan karena game buatan Moonton yaitu Mobile Legends meniru League of Legends yang dimiliki oleh Riot Games.

Tahun lalu Riot Games telah menuntut Shanghai Moonton Technology Co di Pengadilan Distrik Pusat California. Namun kasus tersebut diberhentikan karena pengadilan California menyatakan forum non conveniens atau menyatakan bahwa mereka tidak memiliki yurisdiksi atas kasus yang dibawa ke hadapan mereka. Karena tidak memiliki kekuatan di US, Riot Games membawa kasus ini langsung ke China melalui perusahaan induk mereka Tencent Holdings.

Tencent tampaknya mengajukan gugatan terhadap Xu Zhenhua berdasarkan dokumen pengadilan resmi dari Shanghai No. 1 Intermediate People’s Court. Dokumen tersebut menegaskan bahwa Xu Zhenhua adalah subjek gugatan, meskipun tidak secara langsung menyebutkan bawa dia adalah CEO Moonton.

Dalam gugatan awal di pengadilan California, Riot Games memperlihatkan perbandingan antara League of Legends dan Mobile Legends. Beberapa desain champion, deskripsi champion, skill, deskripsi skill, dan map terlihat sangat mirip.

Mobile Legends

moonton

league of legends

Riot Games percaya bahwa Mobile Legends telah mendapatkan ratusan ribu atau bahkan jutaan Dolar dengan meniru League of Legends. Kabarnya, mobile MOBA buatan Tencent yaitu Arena of Valor juga akan bergabung dengan Riot games untuk menuntut Moonton lagi atas pelanggaran hak cipta.

Bagaimana menurut kalian guys? Tidak bisa dipungkiri bahwa ML sangat mirip dengan LOL dari bukti yang tampil di pengadilan. Apakah Mobile Legends pantas terkena tuntutan? Apakah setelah kehilangan 2.8 juta Dolar Mobile Legends akan ditutup?