Steam Spy Terpaksa Ditutup Akibat Update Privasi Steam yang Baru

0
steam spy

Belakangan ini sedang marak berbagai isu mengenai privasi di internet dan sosial media, dan Steam sebagai salah satu online service terbesar di internet ikut bereaksi dengan mengeluarkan update terbaru untuk pengaturan privasi. Namun kabar buruk datang dari penyedia data dan statistik untuk game Steam, Steam Spy. Kabarnya, Steam Spy tidak dapat beroperasi lagi setelah Valve membuat perubahan pada pengaturan privasi Steam.

Update tersebut memungkinkan kamu untuk memilih apakah kamu ingin menampilkan informasi seperti daftar game yang kamu miliki, achievement, playtime, dan sebagainya kepada publik atau tidak. Namun ada satu hal yang tidak tertulis pada note update tersebut, dan hal inilah yang membuat servis Steam Spy tidak dapat bekerja. Secara default Steam akan membuat gaming library orang-orang “tersembunyi”, padahal Steam Spy sangat bergantung pada informasi ini agar servisnya dapat berjalan.

Servis dari Steam Spy sendiri cukup penting karena sejauh ini mereka menampilkan statistik penjualan secara terbuka. Tanpa mereka, orang-orang hanya dapat bergantung dari pengumuman resmi para publisher untuk mengetahui angka penjualan sebuah game. Ketika ditanyai perihal kelanjutan Steam Spy, mereka mengatakan bahwa mereka akan menutup dan mengarsipkan Steam Spy.

Mari kita lihat apakah Valve akan mengubah kebijakan mereka demi kelangsungan hidup Steam Spy. Atau mungkin perubahan ini Valve lakukan karena Steam ingin mengeluarkan servis data dan statistiknya sendiri?