Spider-Man “BPJS” Review! Beli? Pinjem? Atau Skip?

2
Spider-Man BPJS Review

Selama ini saya selalu memandang sebelah mata game bertema superhero. Tapi setelah memainkan Spider-Man, opini saya langsung berubah. Game ini sangat luar biasa dan langsung menjadi salah satu game favorit saya. Dalam Review BPJS (Beli? Pinjem? Skip?) ini, Guide Eater bakal membahas hal yang membuat game ini luar biasa dan kekurangan apa saja yang telah kami temukan. Semoga saja review BPJS bisa membantu kamu untuk memutuskan untuk membeli game ini atau malah skip aja.

Kisah Spider-Man kali ini unik karena menceritakan plot baru yang berbeda dengan komik, game, ataupun film yang sudah ada sebelumnya. Kamu akan bertemu dengan tokoh familiar seperti Mary Jane dan Aunt May serta musuh bebuyutan Spider-Man seperti Rhino dan Scorpion. Namun latar belakang, alur kehidupan, dan hubungan tiap karakter dikemas secara berbeda, hal ini memberikan game ini cerita yang fresh dan menarik untuk diikuti. Insomniac Games juga tidak lupa menampilkan sedikit easter egg dari Marvel Cinematic Universe.

Spider-Man BPJS Review New York

Kecepatan jalan cerita di game ini telah disajikan dengan baik. Di awal permainan kamu akan langsung berhadapan dengan aksi besar, cukup untuk membangkitkan minat dan membuat kamu tertarik dengan game ini. Kemudian jalan cerita akan melambat, di momen ini satu per satu karakter penting muncul dan tekanan akan mulai terbangun. Dan ketika kamu pikir semuanya telah berakhir, ternyata ada ancaman lebih besar yang telah menanti. Memang terdengar klise, namun sepanjang jalan cerita kamu akan dibuat berdebar-debar dan ending game ini sangat memuaskan.

Mungkin kalian telah mendengar kabar bahwa Spider-Man mengalami downgrade kualitas grafis dari gambar genangan air yang beredar di internet. Pihak Insomniac Games telah membantah hal tersebut dan setelah memainkan game ini saya juga yakin Spider-Man tidak mengalami downgrade kualitas grafis. Segalanya terlihat sempurna mulai dari kostum, detail kota, pencahayaan, hingga animasi wajah. Draw distance yang ditampilkan juga sangat tinggi, kamu bisa melihat seisi kota dari ujung ke ujung. Dan semua ini hadir tanpa penurunan performa, sepanjang permainan saya tidak merasakan FPS drop sedikitpun.

Spider-Man BPJS Review Draw Distance

Spider-Man hadir dengan lingkungan open world dan awalnya saya khawatir kalau open world di game ini akan terasa hampa. Namun ternyata banyak aktifitas sampingan yang bisa kamu lakukan mulai dari mengumpulkan barang bersejarah Peter Parker, mengambil potret bangunan penting, membersihkan tempat persembunyian penjahat, dan masih banyak lagi. Dan aktifitas tersebut tidak terasa membosankan karena memberikan tantangan yang seimbang, tidak terlalu mudah ataupun terlalu sulit. Detail kota yang tinggi juga membuat aktifitas sampingan menjadi lebih menyenangkan, benar-benar terasa seperti berpetualang di New York.

Gameplay Spider-Man telah terpoles dengan baik. Gerakan berayun benar-benar terasa halus dan mudah dikontrol, rasanya menyenangkan bisa berayun dan terjun bebas dari ketinggian. Meskipun tersedia fitur fast travel, tetap saja saya lebih sering berpergian secara manual karena memang berayun dari gedung ke gedung lebih menyenangkan dan kamu juga bisa mengumpulkan collectible yang kamu lewati diperjalanan.

Spider-Man BPJS Review Collectibles

Spider-Man merupakan superhero yang lincah dan Insomniac Games berhasil membawa hal tersebut kedalam gerakan-gerakan combat Spider-Man dan membuat pertarungan menjadi lebih seru. AI musuh yang akan kamu temui tidaklah cerdas, tapi mereka akan mengalahkan mu dengan jumlah yang lebih banyak. Untungnya Spider-Man memiliki berbagai gadget yang bisa mempermudah pertarungan mulai dari jaring listrik, bomb jaring, robot laba-laba, dan masih banyak lagi. Selain digunakan untuk melawan musuh gadget tersebut juga digunakan untuk menyelesaikan puzzle-puzzle di dalam game.

Satu hal yang kurang dari gameplay ada di aspek stealth. Bagaimana mungkin musuh tidak melihat seorang manusia laba-laba bergelantungan di siang bolong, padahal rekan penjahatnya jelas-jelas mati tergeletak di depan mereka. Mereka malah berlagak seperti “Ah dia sudah biasa rebahan disini” kemudian lanjut patroli. Stealth di game ini aneh. Berlari melewati belakang penjaga tidak masalah, jongkok-jongkok di belakang peti dengan setengah badan terekspos tidak masalah, menginjak pecahan kaca secuil? kena kamu penjahat kecil. Selain stealth, saya tidak komplain mengenai aspek gameplay lainnya.

Spider-Man BPJS Review Thug Fight

Mengenai sound design, kamu akan disambut dengan musik epik ketika mengayunkan jaring dari satu titik ke titik lainnya. Voice acting di game ini sangat keren, dari waktu ke waktu Spider-Man akan menerima telpon dari karakter lainnya dan respon yang dia berikan akan berbeda saat dia sedang berdiam di suatu tempat atau sedang berayun. Ketika sedang diam, Spider-Man akan memberikan jawaban dengan kalem, namun ketika sedang berayun nafasnya terdengar terengah-engah. Itulah sebagian kecil contoh detail yang mereka berikan kepada voice acting di game ini.

Jadi mendingan kamu beli? Pinjem? Atau skip game Spider-Man ini?

Beli. Kamu harus beli Spider-Man. Game ini memiliki jalan cerita yang fresh dan menarik untuk diikuti, grafis yang sempurna, lingkungan open world yang tidak membosankan, gameplay yang terpoles dengan baik, dan voice acting yang sangat keren. Meskipun demikian, terdapat satu aspek gameplay yang aneh yaitu aspek stealth. Untungnya sepanjang permainan kamu hanya diwajibkan melakukan stealth beberapa kali saja. Sisanya bisa kamu selesaikan dengan kekerasan secara langsung jika kamu memang tidak suka dengan stealth yang aneh bin ajaib.

Jangan lupa untuk cek Review BPJS Guide Eater lainnya. Kalau kamu penggemar berat genre RPG, kamu wajib cek Review BPJS Octopath Traveler kami. Penggemar game dengan nuansa Dark Souls bisa cek Review BPJS untuk Death’s Gambit.