Sony Mengakhiri Produksi GameCard PS Vita di US dan Eropa

0
GameCard ps Vita

Dalam berita yang ditulis Kotaku, juru bicara Sony mengkonfirmasi bahwa produksi GameCard Vita akan segera berakhir. Cabang Sony di US dan Eropa mengungkapkan kepada para developer bahwa mereka berencana mengakhiri semua produksi GameCard Vita menjelang akhir tahun fiskal 2018 atau pada tanggal 31 Maret 2019.

GameCard PS Vita masih akan dibuat untuk daerah Jepang dan Asia dan distribusi secara digital akan tetap berjalan di seluruh daerah. Keputusan yang dibuat oleh Sony rasanya masuk akal mengingat bahwa PlayStation Vita tidak begitu populer di luar Jepang.

PS Vita pertama kali diluncurkan pada tahun 2012. Awal peluncuran PS Vita terbilang sukses, namun kesuksesan tersebut tidak bertahan lama dan konsol buatan Sony ini akhirnya dikalahkan oleh rivalnya, Nintendo 3DS. Keputusn Sony yang hanya mendukung kartu memori eksklusif mereka membuat sistem PS Vita lebih mahal dari seharusnya, akibatnya banyak studio besar yang meninggalkan dukungan ke PS Vita.

Meskipun PS Vita tetap populer di Jepang, cabang Sony di US dan Eropa telah mengabaikan PS Vita sejak dua tahun pertama sistem ini dijual, dan semakin terpingkal-pingkal sejak saat itu. Dalam interview dengan Glixel, Global Head of Sales and Marketing Sony Eropa Jim Ryan mengatakan bahwa “Vita masih terjual di Jepang dan beberapa bagian Asia, tapi itu bukan lini aktif untuk kami di barat”. PS Vita sedang sekarat, tinggal tunggu waktu saja sampai konsol buatan Sony ini di non-aktifkan.