PUBG Corp. Ajukan Gugatan Hukum Terhadap Fortnite atas Pelanggaran Hak Cipta

0
PUBG VS Fortnite

PUBG VS Fortnite berlanjut ke ranah hukum! The Korea Times mengabarkan bahwa PUBG Corp, anak perusahaan dari publisher asal Korea Bluehole dan studio di balik PlayerUnknown’s Battlegrounds, telah mengajukan gugatan terhadap Epic Games untuk pelanggaran hak cipta atas game Battle Royale yang populer, Fortnite.

Representatif PUBG Corp mengatakan bahwa mereka telah mengajukan gugatan ini sejak bulan Januari kepada Pengadilan Distrik Pusat Seoul untuk melawan Epic Games Korea. PUBG Corp. meminta kepada pengadilan untuk menentukan apakah Fortnite merupakan tiruan dari PlayerUnknown’s Battlegrounds atau tidak.

PUBG Corp. cukup vokal dalam menyuarakan kemiripan Fortnite dengan PlayerUnknown’s Battlegrounds sejak awal mode battle royale hadir ke Fortnite pada bulan September tahun lalu. Saat itu, mereka sempat mengeluarkan pernyataan mengenai kekhawatiran mereka.

Kami telah memiliki hubungan yang berkelanjutan dengan Epic Games sepanjang pengembangan PUBG karena mereka adalah pembuat UE4, engine yang kami lisensikan untuk PUBG,” ujar wakil presiden Bluehole Chang Han Kim. “Setelah mendengarkan saran yang berkembang dari komunitas kami dan meninjau gameplay untuk diri kami sendiri, kami khawatir bahwa Fortnite mungkin mereplikasi pengalaman bermain PUBG yang selama ini kita kenal.

Ketika Fortnite pertama kali diluncurkan, game tersebut hanya memiliki mode “Save the World”, di mana gamer bisa membangun dinding dan mempertahankannya. Namun pada bulan September, Epic Games menambahkan mode “Battle Royale” yang gratis untuk dimainkan ke dalam game. Hal ini menuai kontroversi plagiarisme dan tuduhan bahwa mereka meniru item dan user interface dari PUBG.