Pengguna GPU Nvidia, Coba Trik Ini Agar Kamu Bisa Main Monster Hunter: World Lebih Lancar

0
Monster Hunter: World

Jika PC kamu menggunakan GPU Nvidia maka kamu harus cek versi driver yang kamu gunakan. Pasalnya, driver terbaru yang katanya telah siap untuk menjalankan Monster Hunter: World (398.82) ternyata malah membuat performa menjadi lebih buruk untuk beberapa PC. Kalau ternyata kamu menggunakan driver versi 398.82, kamu bisa melakukan downgrade versi driver agar kamu bisa main Monster Hunter: World dengan lebih lancar.

Berdasarkan thread yang dibuat user Reddit bernama Bioflakes, ia mengatakan bahwa Monster Hunter: World mendapatkan peningkatan FPS yang signifikan ketika menggunakan versi driver yang lebih rendah yaitu 398.36. Dengan menggunakan PC berspesifikasi i7 2600, Nvidia GTX 1080, 16GB RAM, dan versi driver 398.36 ia mampu mencapai 100 FPS saat berkeliling di kota Astera. Padahal sebelumnya saat menggunakan 398.82, ia hanya mampu mendapatkan 55 FPS. Selain itu setelah melakukan downgrade driver, beban CPU juga turun dari sekitar 85-95% menjadi 55-70%.

Untuk melakukan downgrade driver kamu cukup mengunduh file instalasi driver 398.36 Nvidia dan melakukan clean installation. File driver yang telah terinstall di sistem mu akan dihapus kemudian driver 398.36 akan terpasang ke PC mu.

Masuk ke dalam Monster Hunter: World, performa yang kamu dapat akan bervariasi, tapi kelihatannya peningkatan akan semakin besar tergantung dari CPU yang kamu gunakan. Jika sistem kamu bottleneck pada CPU (CPU lemah, GPU kuat) maka peningkatan performa dari downgrade driver ini akan lebih signifikan. Tapi jika bottleneck terletak pada GPU, mungkin kamu hanya akan mendapatkan sedikit peningkatan atau malah tidak ada perubahan sama sekali.

Trik umum yang bisa kamu gunakan biar performa Monster Hunter: World lebih lancar adalah dengan menonaktifkan pengaturan Volume Rendering Quality serta LOD Bias dan Level. Kamu bisa gunakan pengaturan ini jika trik downgrade tidak memberikan hasil. Jika semua trik tidak berhasil, mungkin memang sudah saatnya kamu beli hardware baru yang lebih canggih.