(OPINI) PUBG Mobile VS Free Fire, Kenapa Free Fire BURIK 8bit?

3888
PUBG Mobile VS Free Fire

Para gamer kalangan mobile maupun PC pasti tahu bahwa genre survival battle royale sedang BOOMING. Nah banyak banget nih yang bingung harus main game mana, atau bagusan mana, bahkan banyak perdebatan berseliweran antara game Free Fire dan PUBG mobile. Yuk mari bahas apa sih kelebihan dan kekurangannya masing – masing game survival battle royale tersebut. Bila memang ada kelebihannya Free Fire, yuk berikan komentar di bawah:

  • PUBG adalah Pelopor Boomingnya Genre Survival Battle Royale

Nah buat para gamer PC pasti tau dong kalau H1Z1 udah keluar duluan sebelum PUBG? Tapi sayangnya game ini tidak begitu booming karena minimnya fitur dalam game, pada akhirnya Brendan Greene dengan nickname Player Unknown yang berasal dari Irlandia melihat mod ini dan tertarik dengan idenya.

Lalu dia membuat mod di game Arma 2 dengan nama DayZ Cherno dan kemudian setelah game Arma 3 keluar Greene membuat mod bernama Player unknown Battle Royale. Nah Baru muncul lah antek – antek plagiat dari PUBG seperti Rules of Survival atau Free Fire untuk versi mobile. Pada akhirnya Team Bluehole bergabung dengan Tencent untuk meciptakan PUBG Mobile yang melibas semua game plagiat pada mobile.

  • Jumlah Map PUBG vs Free Fire

PUBG Mobile VS Free Fire

PUBG Mobile menyediakan map permainan yang cukup banyak yaitu 4 buah map! Map tersebut adalah Erangel, Miramar, Sanhok, dan belum lama ini telah keluar map salju bernama Vikendi. Keempatnya memiliki ciri khas masing-masing yang membuat permainan bakalan lebih seru. Erangel diadaptasi dari Kota Rusia, Miramar dari New Mexico, Sanhok pengabungan dari beberapa negara asia, dan Vikendi dari Mount Kreznic, bahkan sebelumnya ada Night Mode pada area Erangel.

Nah sementara di Free Fire kalian hanya akan disuguhkan dengan 2 map berbeda yaitu Bermuda dan Mad Dog. Ukuran Mad Dog lebih kecil dari Bermuda yang membuat map tersebut serasa seperti Sanhok di PUBG Mobile. Sekarang kalian tau kan kenapa Free Fire sangat membosankan? Tidak banyak variasi, juga tidak ada tantangannnya sama sekali.

  • Grafis HDR vs Grafis Burik 8 Bit

PUBG Mobile VS Free Fire

Grafis keduanya memang terlihat jauh berbeda. PUBG Mobile  mengusung tema pertempuran yang realistis tentu lebih unggul dibanding Free Fire yang terlihat lebih kaku. Namun karena grafis yang rendah tersebut Free Fire banyak diminati oleh gamer yang memiliki HP spesifikasi kentang yang tidak cukup kuat untuk menjalankan PUBG Mobile. Rata – rata anda tahu lah siapa yang punya spec kentang alias “BOCAH”, jadi sudah tahu kan kualitas komunitas pada Free Fire ini?

Grafis di PUBG Mobile bisa mencapai 60 FPS pada Smooth-Extreme atau bahkan HDR, dengan pertempuran battle royale realistis, bakal membuat permainan lebih nyata dan sangat halus dimainkan, tetapi berbeda dengan Free Fire yang kaku, bahkan main 1 game saja sudah cukup membuat mata saya rusak.

  • Perbandingan Senjata PUBG vs Free Fire

PUBG Mobile VS Free Fire

Mengenai peralatan keduanya cukup berbeda. Pada Free Fire terdapat sebuah Jamur untuk menambahkan nyawa, sedangkan di PUBG Mobile terdapat Painkillers atau Energy Drink untuk mempercepat lari. Senjata keduanya sangat bervariasi tetapi ada juga yang sama seperti AKM, Groza, dan lainnya, namun PUBG Mobile memiliki lebih banyak variasi senjata dibandingkan dengan Free Fire. Apa lagi attachment yang banyak jenis dan fungsinya, sungguh berbeda kan fungsinya juga berbeda. Jadi kita bisa tahu kualitas dari game tersebut, dari cara berpikir PUBG Mobile saja sudah susah, tentu kualitasnya berbeda dibandingkan game sebelah.

  • Masalah Pintu pada Free Fire

Pembuatan game emang gak murah, budget Free fire pangkas salah satunya dengan menghilangkan pintu pada bangunan, dengan menghilangkan pintu maka akan mempermudah proses rendering untuk HP KENTANG. Lebih baik tidak usah ada rumah sekalian bila tidak ada pintu, sudah bisa dibayangkan kan kualitas grafis dari game ini? Selamat menikmati. ”Kami main untuk perang bukan untuk bertamu” adalah kutipan para pemilik HP kentang.

  • Hanya Terkenal di Indonesia vs Dunia

Kita tahu bahwa Free Fire merupakan keluaran Garena, dan matchmakingnya hanya bertemu orang – orang Indonesia. Sungguh membosankan tidak bisa melawan orang – orang diluar sana, karena server yang dimiliki memang terbatas. Apa lagi Free Fire hanya diminati di Indonesia yang rata – rata memiliki handphone dengan spek kentang. Selain di Indonesia, tidak banyak yang bermain Free Fire karena semua orang bermain PUBG.

Kita tahu PUBG bluehole dan Tencent membuat banyak server seperti SEA, Asia, China, North America, Europe, dan Africa. Kita bebas memilih bermain di manapun kita mau, dan melawan siapapun di server manapun dan bisa bertemu teman-teman di luar Indonesia. Bahkan kita bisa mengembangkan skill kita dengan melihat pada player dari luar, sangat beda dengan game burik tadi kan?

  • Mode Game

PUBG Mobile VS Free Fire

Yah saya rasa para pemain PUBG juga sudah tahu kok perbedaannya PUBG Mobile memiliki Game Modes yang lebih banyak dari Free Fire. Dalam PUBG Mobile ada game mode seperti Classic, Arcade, Training, TPP, FPP, Solo, Duo, dan Squad. Di mana dalam Mode Arcade-nya tersebut juga terdapat berbagai variasi seperti zombie, deathmatch, DLL. Sedangkan di Free Fire, mode yang ada adalah Ranked, Classic, Death Race, Rush Hour, Solo, Duo, dan Squad. Wajar saja sih kualitasnya Free Fire hanya segitu karena mungkin agar tidak memberatkan game.

  • Aim Yang Mudah

PUBG Mobile VS Free Fire

Free Fire memiliki Auto Aim, yaitu bantuan aim yang langsung mengarah kepada musuh, dan recoil yang tidak menantang sama sekali sehingga mudah membunuh lawan dari jarak jauh/dekat. Saya sudah mencobanya, sama sekali tidak ada tantangan untuk menembak dalam Free Fire.

Pada PUBG PC recoil sangatlah susah bahkan selalu naik keatas, tetapi di versi mobile recoil untuk Aim agak lebih ringan. Namun tetap saja senjata seperti AKM tanpa attachment memiliki recoil yang tidak stabil sehingga menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk menguasainya.

Nah kalau kalian memiliki HP yang sudah cukup kuat untuk main PUBG mobile saya sarankan untuk bermain PUBG mobile. Karena perbedaan kualitasnya sudah cukup terlihat kan? Janganlah menjadi orang munafik, bila anda memiliki HP yang mumpuni untuk bermain PUBG saya rasa anda tidak akan menyentuh Free Fire. Happy gaming salam winner winner chicken dinner.