OpenAI Five Berhasil Kalahkan Pemain Pro Dota 2

0
OpenAI Five

Para AI telah memulai rencana mereka untuk menguasai dunia, dimulai dari menaklukan Dota 2. Bulan Juni lalu, OpenAI Five telah berhasil mengalahkan manusia. Meskipun hanya melawan tim amatir, hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa karena Dota 2 adalah permainan yang sangat kompleks. Dan tadi malam, OpenAI Five berhasil mengalahkan pemain pro, lawan paling tangguh yang pernah mereka hadapi selama ini.

Dini hari tadi, OpenAI Five bertanding melawan Blitz, Capitalist, Fogged, Merlini, dan MoonMeander. Beberapa diantara mereka adalah mantan pemain pro yang kini bekerja sebagai analis dalam turnamen Dota 2 jadi kemampuan mereka tidak bisa diremehkan. Namun meskipun memiliki kemampuan dan pengalaman yang tinggi, mereka tetap takluk pada para AI.

Dari 3 pertandingan, OpenAI Five berhasil menang 2-1 dan kemenangan mereka terlihat sangat meyakinkan. Kemenangan yang didapat tim Human terjadi karena belas kasihan tim AI dimana mereka menggunakan hero yang dipilih oleh penonton di lokasi pertandingan. Tentu saja kombinasi hero yang digunakan OpenAI Five menjadi tidak optimal. Yang menarik adalah, mereka berhasil memprediksi persentase kemenangan mereka. Bahkan pada pertandingan ketiga dimana mereka kalah, mereka memprediksi dengan tepat bahwa persentase kemenangan mereka hanya 2.9%.

OpenAI Five dota 2

Para AI tidaklah sempurna, kemampuan laning mechanics mereka seperti last hit dan deny tidak sebaik para pemain top Dota 2. Yang membuat mereka kuat adalah kemampuan mereka dalam mengambil keputusan. Mereka dapat bermain dengan tempo yang sangat cepat, memberikan tekanan pada daerah map yang penting, mengambil teamfight dengan sudut yang sempurna, dan menggunakan skill pada target yang tepat. Hal inilah yang membuat mereka lebih baik dari manusia.

Meskipun demikian, masih banyak batasan yang digunakan dalam pertandingan OpenAi Five melawan human yaitu:

  • Hanya boleh memilih beberapa hero (Axe, Crystal Maiden, Death Prophet, Earthshaker, Gyrocopter, Lich, Lion, Necrophos, Queen of Pain, Razor, Riki, Shadow Fiend, Slark, Sniper, Sven, Tidehunter, Viper, or Witch Doctor)
  • Tidak boleh menggunakan Divine Rapier dan Bottle
  • Tidak boleh menggunakan summon/ilusi
  • Menggunakan 5 courier kebal, tidak boleh digunakan untuk scouting atau tanking
  • Tidak boleh menggunakan Scan

Tentu saja hal ini membuat pertandingan yang dilakukan tidak sepenuhnya Dota 2. Tapi OpenAI Five terus berkembang dan terus menerus mengurangi batasan-batasan diatas. Bisa jadi setahun kedepan mereka sudah siap memainkan pertandingan Dota 2 tanpa ada batasan apapun.

Pertandingan OpenAI Five selanjutnya akan dilakukan pada acara tahunan Dota 2 The International 8 yang akan diselenggarakan akhir Agustus.