Kematian Paragon Menjadi Berkah Bagi Para Developer Game

1
86
paragon

Di awal tahun, Epic Games mengumumkan bahwa mereka akan menutup salah satu gamenya yang sedang berjalan, yaitu MOBA third-person Paragon. Alasan utama Epic Games menutup Paragon adalah karena mereka kesulitan memperoleh pemain baru dan mempertahankan pemain lama. Kesuksesan Fortnite Battle Royale juga menjadi faktor pendukung tutupnya Paragon, karena mau tidak mau sebagian besar sumber daya yang dimiliki Epic Games harus digunakan untuk mengurus Fortnite yang sedang popular.

Namun dengan langkah baru yang dilakukan Epic Games, kematian Paragon sepertinya akan menjadi berkah bagi para developer game. Hari ini Epic memutuskan untuk merilis seluruh asset yang dimiliki Paragon agar dapat digunakan di Unreal Engine 4. Seluruh asset yang mereka luncurkan diperkirakan bernilai $12.000.000, aset tersebut mencakup 20 karakter dengan kualitas AAA dan lebih dari 1500 environment component.

Semua aset tersebut bisa diunduh dari Unreal Engine Marketplace secara gratis tanpa dipungut biaya. Dan belum selesai sampai disini, Karakter tambahan dari Paragon akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang. Ini berarti, developer game yang menggunakan Unreal Engine 4 sekarang dapat dengan bebas mengambil aset tersebut dan menggunakannya untuk proyek mereka sendiri. Jadi jangan kaget jika suatu hari kamu melihat game yang dibuat menggunakan Unreal Engine 4 memiliki karakter yang menyerupai karakter dari Paragon.

Kamu para developer game bisa lihat detail aset-aset tersebut disini. Saat ini Paragon masih bisa dimainkan, servernya sendiri baru akan tutup pada tanggal 26 April. Epic Games juga telah menawarkan refund bagi pemain yang pernah melakukan pembelian in-game.

1 comment