iPhone 2018: Bocoran Serta Rumor Tentang Spesifikasi, Harga, dan Tanggal Rilis

0
iphone 2018

Apple berencana memperkenalkan tiga model baru di tahun ini yang mungkin saja menghadirkan versi besar iPhone X dan juga versi murah iPhone X. Perlu dicatat bahwa sejauh ini harga yang mahal tidak menjadi penghalang bagi produk flagship Apple. Meskipun hadir sebagai iPhone paling mahal dalam sejarah dengan harga $999, iPhone X berhasil menjadi ponsel paling laris dalam tiga bulan pertama 2018, diikuti oleh iPhone 8 dan 8 Plus. Tentu saja kehadiran versi yang lebih murah akan memperluas target pasar.

Selain menyempurnakan desain dan menambahkan sejumlah fitur baru, kemungkinan besar Apple akan meluncurkan produk baru dengan menggunakan bahan dan warna baru, sedikit peningkatan kecepatan, resolusi layar yang lebih tinggi, dan baterai yang tahan lama. Meskipun mungkin kita baru bisa melihat kehadiran iPhone selanjutnya beberapa bulan lagi, banyak rumor yang telah menciptakan gambaran menarik tentang iPhone yang akan datang.

Kemungkinan Besar Pengumuman dan Tanggal Rilis September 2018

Apple belum secara resmi mengumumkan kapan kita bisa melihat ponsel berikutnya. Namun sudah menjadi tradisi bagi Apple untuk mengumumkan produknya di bulan September. Hal ini telah dimulai sejak Apple meluncurkan iPhone 5 di tahun 2012 dan jadwal tersebut tidak pernah berubah (kecuali pada peluncuran iPhone SE).

Kabarnya Produk Tersebut akan diberi nama iPhone 11, iPhone X Plus, atau iPhone X2

Menurut kabar yang beredar, Apple mungkin saja kembali menggunakan tata nama “S” dalam memberi nama ponsel mereka dan memberi kita iPhone XS dan XS Plus atau angka yang setara seperti X2. Juga terdapat kemungkinan bahwa produk baru akan hadir dengan nama iPhone 11. Kemungkinan terakhir adalah Apple menyingkirkan angka-angka sepenuhnya, setidaknya untuk versi lower-end atau model non-X, mirip seperti pendekatan yang mereka kepada tablet entry-level mereka.

iPhone 2018
Sumber: Apple

 

Layar apa yang akan digunakan iPhone selanjutnya, OLED atau LCD?

Berbagai sumber percaya bahwa Apple akan mendatangkan setidaknya satu iPhone versi murah dengan layar LCD di tahun 2018, namun beberapa masih bimbang mengenai ponsel mana yang akan menggunakan OLED atau menggunakan LCD.

PatentlyApple dan BusinessKorea berspekulasi bahwa iPhone 2018 akan hadir dengan layar LCD. Mereka berspekulasi bahwa Apple akan mengeluarkan iPhone X yang menggunakan layar LCD, sehingga Apple bisa memotong harga dan meningkatkan ketersediaan model OLED saat ini. Lebih spesifiknya, BusinessKorea memprediksi bahwa iPhone 6.1-inch selanjutnya akan menggunakan layar MLCD+ , mirip dengan layar yang dimiliki LG G7 ThinQ.

The Wall Street Journal juga melaporkan hal yang serupa yaitu iPhone yang lebih murah dengan layar LCD diharapkan mampu terjual lebih cepat dibandingkan dengan layar OLED yang lebih mahal. Ini menunjukkan bahwa Apple akan muncul dengan dua iPhone OLED dan satu iPhone dengan layar LCD pada musim gugur, tetapi mungkin iPhone LCD akan hadir dengan volume produksi yang lebih tinggi untuk mengantisipasi penjualan yang lebih tinggi.

Kabarnya iPhone Baru Akan Hadir Dengan Tiga Kamera Belakang

Salah satu dari model iPhone 2018 yang baru bisa jadi memiliki kamera belakang dengan triple-lens array. Berdasarkan laporan Economic Daily News, kamera seperti itu mampu menambah kemampuan zoom iPhone dan meningkatkan kualitas foto dalam lingkungan bercahaya redup. Forbes juga memperkuat rumor ini dan mengatakan bahwa model highest-end iPhone X Plus tahun 2018 bisa menjadi ponsel yang mendapatkan tiga lensa yang ditumpuk secara vertikal.

iphone 2018
Sumber: Ghostek/Gordon Kelly (Forbes)

 

iPhone Versi Lebih Besar

Bloomberg melaporkan bahwa Apple sedang mengembangkan dua iPhone super besar. Model 6.5 inch OLED yang merupakan iPhone terbesar sepanjang sejarah dan model 6.1 inch LCD. Ada juga kabar yang mengatakan bahwa Apple mungkin akan berhenti memproduksi 5.8 inch iPhone X berdasarkan dari laporan pemesanan komponen OLED yang berkurang. Sebelumnya, mantan analis Apple Ming-Chi Kuo berspekulasi bahwa Apple akan merilis tiga model di tahun 2018 berdasarkan dari desain full-screen flagship saat ini.

iphone 2018
Sumber: KGI Research

 

iPhone Versi Murah

Ming-Chi Kuo memprediksi bahwa Apple akan meluncurkan iPhone versi single-SIM yang diberi harga sekitar $550 sampai $650 dan model dual-SIM lainnya yang diberi harga sekitar $650 sampai $750. Dan tentu saja untuk membuat model 6.1inch yang lebih terjangkau, Apple bisa menghilangkan komponen mahal seperti Face ID, layar OLED, 3D Touch, dan kamera belakang kedua.

iPhone Versi Mahal

Setiap rumor pasti memiliki rumor yang sama atau berlawanan. Analis investasi dari UBS memprediksi bahwa iPhone 2018 akan diberi harga $1.100. Harga tersebut lebih mahal sekitar $100, namun hal tersebut masuk akal jika model tersebut hadir dengan layar yang lebih besar dari model saat ini.

Dukungan iPen untuk iPhone

iPhone OLED yang akan diluncurkan pada 2018 akan mendukung iPen berdasarkan laporan perusahaan investasi Rosenblatt Securities. Tentu saja rumor bahwa iPhone akan mendukung Apple Pencil telah beredar sejak pertama kali stylus memulai debutnya di tahun 2015. iPad 2018 terbukti telah hadir dengan fungsionalitas Apple Pencil.