Harvest Moon vs Story of Seasons dari Natsume dan Marvelous

0
Harvest Moon: Light of Hope Special Edition

Sebentar lagi Harvest Moon: Light of Hope Special Edition akan hadir 29 Mei mendatang. Game bersejarah dari mulai PlayStation 1 ini tentunya akan selalu diikuti bagi penggemar setianya. Tetapi jika kalian penggemar setia dari serial game semenjak tahun 1996 ini, tentunya kamu harus mengetahui fakta yang samar mengenai game Harvest Moon yang dipegang oleh Natsume dan Marvelous ini.

Pengembang Harvest Moon Terpecah

Pada tahun 2014 Natsume dan Marvelous sedang merencanakan untuk mengeluarkan game terbaru Harvest Moon A Wonderful Life. Natsume yang bertanggung jawab sedangkan Marvelous sebagai pengembang gamenya. Namun perbedaan pendapat dari keduanya membuat mereka berpisah dan memutuskan untuk membuat Harvest Moon versi mereka masing-masing. Hal ini mulai terlihat pada saat Harvest Moon: DS pada awalnya memberikan kalian kesempatan untuk memiliki Best Friend di dalam permainan dibandingkan untuk menikah, berpergian ke love events untuk Harvest Goddess, Witch, Kera, Leia, dan melengkapi Love Ring. Bahkan kalian bisa melakukan Friend Ceremony. Namun secara tiba-tiba Marvelous menghapus hal ini (pada saat masih bersama Natsume) karena ingin menjaga versi asli Jepangnya.

Natsume berhasil tetap memegang nama Harvest Moon sedangankan Marvelous harus mengalah dan mencari judul baru untuk game yang selama ini mereka kembangkan.

Mengeluarkan Judulnya Masing-Masing

Pada November 2014 Natsume berhasil mendahului Marvelous mengeluarkan Harvest Moon: The Lost Valley. Tidak di Jepang, Natsume merilis game ini langsung di Amerika karena mereka memiliki kekuatan di nama Harvest Moon ini. Berbeda dengan Marvelous yang sedikit kesulitan untuk mencari “brand” baru untuk game yang dikembangkannya. Akhirya mereka tetap memiliki nama Harvest Moon namun dengan nama Jepangnya yaitu Bokujō Monogatari dan memutuskan untuk menjadikan Story of Seasons sebagai pengganti Harvest Moon. Marvelous mengeluarkan Story of Seasons: Trio of Towns tahun 2016 di Jepang dan menggaet XSEED Games sebagai penerbitnya di Amerika.

Bagaimana gameplaynya?

Cerita dibalik kedua game Harvest Moon (Natsume) dan Story of Seasons (Marvelous) ini masihlah sama yaitu penduduk sebuah village, seorang petani, yang harus mengurus semua warisan ini dan membuat perubahan pada perternakannya dan kota ia tinggal. Menikah, memiliki anak, dan setelah itu game menjadi sama saja.

Pada Harvest Moon interaksi dengan karakter lainnya sangatlah penting, jika kalian tidak berinteraksi dengan penduduk desa, Friend Level kalian akan berkurang secara bertahap dan kalian akan terkena teguran. Seperti memaksakan kalian untuk selalu berinteraksi dengan karakter pada game. Sedangkan pada Story of Seasons kalian akan dipersilahkan ingin berteman, berinteraksi atau tidak. Mungkin kalian nantinya akan berinteraksi dengan karakter lainnya pada saat ingin mencari quest atau membeli barang tertentu.

Pada Harvest Moon membuat festival akan lebih menyenangkan, kalian bisa melempar tomat dan melempar bola salju di minigame. Pada Story of Seasons kalian akan membuat mix minuman teh terbaru, membuat pengetahuan bertani anda bertambah, dan mengumpulkan uang penduduk desa. Jadi perbedaannya adalah mini game dari keduanya memiliki story dan tujuan yang berbeda.

Sebenarnya jika dilihat, game asli Harvest Moon dulu adalah yang sekarang ini oleh Marvelous yang menjadi Story of Seasons: Trio of Towns. Namun, nama yang dimiliki Natsume tidak bisa dikalahkan dan masih menjadi pemegang Harvest Moon. Lalu apalagi perbedaan dari kedua rival namun sama game bersejarah ini? Kalian bisa langsung memainkannya di platform masing-masing game!