Fortnite Berhasil Mengalahkan Penghasilan PUBG Hingga 23 Juta Dollar di Bulan Februari

0
Fortnite

Menjadi pelopor genre battle royale tentunya memberikan prestige tersendiri untuk PUBG, namun sepertinya PUBG harus rela tersalip oleh saingannya Fortnite Battle Royale. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Super Data Research, Fortnite berhasil mengalahkan penghasilan PUBG hingga 23 juta Dollar di bulan Februari (Fortnite $126M, PUBG $103M). Pasti kamu tidak kaget dengan data tersebut melihat banyaknya berita tentang Fortnite di beberapa minggu terakhir.

https://www.superdataresearch.com/wp-content/uploads/2018/03/SuperData-Fortnite-vs-PUGB.png

Faktor popularitas tentunya mempengaruhi pendapatan Fortnite. Berdasarkan grafik yang diberikan oleh Super Data bisa kita lihat bahwa selama minggu terakhir bulan Februari, Fortnite memiliki 14.0M unique viewer di Twitch dibandingkan dengan 8.7M untuk PUBG. Bandingkan dengan kinerja mereka di minggu keempat Januari ketika PUBG memiliki 8.5M unique viewer sementara Fortnite memiliki 6.1M. Pada bulan Maret, Fortnite mendapat banyak eksposur ke publik, apalagi setelah rapper asal Canada ‘Drake’ bermain Fornite bersama streamer terkenal ‘Ninja’ yang kemudian disiarkan di Twitch.

Faktor lain adalah aksesibilitas, Fortnite merupakan game free-to-play sedangkan untuk bermain PUBG kamu harus membayar sekitar $30. Fortnite juga memiliki learning curve yang lebih mudah dan lebih ramah untuk berbagai kalangan berkat tampilan kartunnya. Kombinasi faktor-faktor ini membuat Fortnite menjadi fenomena sosial yang bonafide.

Kemenangan Fortnite juga terjadi akibat turunnya performa PUBG. Banyaknya cheater di PUBG memaksa Bluehole untuk menghabiskan resource melawan cheater daripada membuat konten baru dan membenahi inti gameplay.