First Impression PUBG Mobile – Ternyata Sebagian Besar Lawan Kalian Adalah Sekumpulan Bot!

    0

    PUBG Mobile telah secara resmi dirilis untuk region US dan tanpa pikir panjang saya langsung mengunduh game ini melalui App Store. Hal yang saat itu terlintas dipikiran saya adalah, apa jadinya game yang tidak teroptimasi dengan baik di PC dan konsol ini jika hadir ke versi mobile? Dan first impression saya setelah menyelesaikan sebuah match, ternyata game ini tidak seburuk yang saya duga.

    Saya memainkan PUBG Mobile mengunakan iPhone 7 dengan pengaturan high. Bisa dibilang grafis yang dihadirkan game ini berbeda jauh jika dibandingkan dengan versi PC, namun tergolong cukup baik untuk kategori game mobile. Terrain tampak blurry dan aliasing terlihat dengan jelas, tapi pengorbanan grafis tersebut berhasil membuat game ini berjalan dengan framerate yang mulus dan itu merupakan hal yang baik.

    Kontrol di game ini sederhana, kamu bergerak menggunakan virtual analog di sebelah kiri dan terdapat berbagai tombol action seperti menembak, crouch, prone, jump, dan reload, plus kontrol kamera di sebelah kanan. Agak sulit untuk menggerakkan karakter dengan akurat terutama saat ingin melompat melalui jendela. Beberapa kali juga saya missclick antara menggerakkan kamera dan menembak.

    Untungnya terdapat beberapa fitur tambahan yang membuat pengalaman gameplay PUBG Mobile lebih mulus. Terdapat fitur auto-loot jadi karakter akan secara otomatis mengambil senjata, bag, dan obat-obatan yang tersebar di tanah. Dan yang paling penting adalah fitur aim assist, tanpa fitur ini semua orang akan mati terkena zone karena tidak akan ada orang yang berhasil menembak satu sama lain.

    Fitur lain yang sangat membantu adalah indikator arah datangnya damage, bahkan mereka juga memberitahu arah suara tembakan di minimap. Jadi setidaknya kamu dapat memberikan sedikit perlawanan saat terciduk musuh dari belakang. Saya hanya dapat berharap fitur-fitur tersebut juga dimasukkan kedalam PUBG versi PC.

    Meskipun sudah sering bermain PUBG di PC namun harus saya akui bahwa saya masih amatir dalam permainan bergenre battle royale ini. Ketika pertama kali saya terjun kedalam PUBG Mobile sudah bisa ditebak hasilnya, saya menduduki peringkat 2 dan mendapat 9 kill. Mukzizat apa yang sebenarnya sedang terjadi?

    Menurut pengamatan banyak pemain di Reddit, ternyata beberapa match pertama kita akan terisi dengan bot. Bot tersebut cukup bodoh, mereka akan menembak ke arah kita beberapa kali dan kemudian diam ditempat, menjadikan mereka sasaran empuk. Jadi jangan senang dulu jika kamu berhasil membunuh banyak orang dan mendapatkan chicken dinner.

    Seiring meningkatnya level, rasio jumlah pemain terhadap bot akan meningkat, kamu baru akan merasakan permainan yang sebenarnya setelah mencapai level yang cukup tinggi. Hal ini adalah cara cerdas untuk memastikan agar para pemain mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dalam match PUBG Mobile pertama mereka.

    Seperti game mobile pada umumnya, PUBG Mobile juga memberikan berbagai daily challenge dan login reward untuk memicu gamer agar terus bermain. Game ini juga menyediakan fitur chat, voice chat, dan pembentukan squad, yang mempermudah kamu jika ingin bermain bersama teman. Secara keseluruhan, game ini merupakan game yang layak dimainkan di mobile apalagi untuk kamu penggemar game bergenre battle royale. Namun menurut saya, mobile merupakan tempat yang buruk untuk game shooter seperti ini. Jadi untuk saat ini saya akan tetap setia dengan PUBG versi PC.