Far Cry 5 Review – Grafis yang Menawan dan Musik yang Indah Menjadi Satu

0
review Far Cry 5

Far Cry 5 telah dinobatkan sebagai judul dengan penjualan tercepat dalam sejarah franchise Far Cry. Seminggu pertama setelah dirilis game ini berhasil mengalahkan penjualan Far Cry 4 sebanyak dua kali lipat. Game ini berhasil menarik perhatian para gamer, bisa dilihat dari banyaknya streamer dan penonton konten Far Cry 5 baik di Twitch maupun YouTube. Jadi, apakah game ini benar-benar keren sehingga banyak gamer yang tertarik? Silahkan lihat review Far Cry 5 kami biar kamu gak penasaran.

Di Far Cry 5 kamu akan berpetualang menyusuri Hope County, Montana, sebuah tempat fiksional dimana Joseph Seed mulai menyebarkan ajarannya. Sebagai seorang deputi junior kamu mendapatkan tugas untuk menangkap Joseph Seed, ketua dari sekte Project Eden Gate yang mulai meresahkan. Sayangnya proses penangkapan tidak berjalan mulus dan membuat Peggies (sebutan untuk anggota Project Eden Gate) marah. Dari titik ini, Peggies mulai menjadi agresif dalam menjalankan tujuan mereka dan hanya kamu yang dapat membebaskan Hope County dari tirani Joseph Seed dan anak buahnya.

Prolog diatas nampaknya tidak jauh berbeda dengan seri Far Cry sebelumnya. Plot seperti ini memiliki potensi untuk menghasilkan jalan cerita yang keren tergantung perkembangan konflik yang terjadi di dalamnya. Sepanjang permainan, game ini memiliki formula yang cukup baik untuk membuat saya tetap tertarik dengan jalan ceritanya. Di banyak tempat, kamu akan menemukan note yang menceritakan berbagai kisah dari para karakter dan masyarakat yang terlibat di konflik Project Eden Gate.

C:\Users\ATL\Desktop\Far Cri 5\Seed Family.png

Semakin banyak kamu bereksplorasi, semakin banyak informasi yang bisa kamu temukan. Bagi saya, penyampaian cerita secara tidak langsung seperti itu memberikan nilai lebih untuk Far Cry 5. Tapi kalau boleh jujur, jalan cerita di game ini kurang terpoles, dan terdapat beberapa kejadian kecil yang tidak memiliki penjelasan. Bisa dibilang cara penyampaian ceritanya sudah oke namun isi ceritanya masih datar.

Karakter penjahat di game ini diceritakan dengan cukup baik sehingga pertarungan melawan tiap boss terasa intens, kecuali pada boss terakhir. Pertempuran terakhir melawan Joseph Seed terasa mengecewakan baik dari segi alur cerita maupun aspek battle. Para saudara Joseph Seed yang merupakan boss di tiap region, memiliki cerita yang cukup bagi para pemain untuk dapat mengerti kenapa mereka memiliki motif dan karakter seperti yang terlihat di dalam game.

Namun entah kenapa Joseph Seed, sang boss terakhir dari game ini, tidak mendapat perlakuan seperti itu. Hanya sedikit informasi yang bisa kamu dapat mengenai masa lalu Joseph Seed, kapan dia mendapat “pencerahan”, dan informasi lain yang membuat pemain tergugah secara emosional. Good ending dari game ini terasa aneh dan tidak memiliki impact yang kuat, padahal saya berharap banyak pada bagian klimaks dari game ini.

C:\Users\ATL\Desktop\Far Cri 5\Joseph Seed.png

Terlepas dari ending yang lemah, Far Cry 5 memiliki grafis yang spektakuler. Grafis yang saya lihat di trailer benar-benar serupa dengan grafis in-game. Pencahayaan di game ini membuat lingkungan terasa hidup dan Ubisoft telah melakukan pekerjaan yang sempurna dalam menghadirkan suasana alam Montana kedalam game ini. Kebun-kebun apel, rumah bergaya pedesaan Amerika, sungai yang jernih, dan flora fauna khas iklim continental akan membuat kamu betah berlama-lama berpetualang di game ini.

Saya memainkan Far Cry 5 di laptop dan grafis menawan yang dihadirkan game ini tidak terlalu membebani kinerja laptop . Dengan spesifikasi i7-7700HQ, GeForce GTX 1070, dan RAM 16 GB, game ini berhasil melewati 60 FPS pada resolusi 1080p dalam pengaturan high. FPS drop akan terasa ketika terjadi banyak ledakan di layar, namun tetap dalam batas wajar. Perlu diingat bahwa CPU dan GPU laptop tidak sekuat desktop, jadi kamu yang menggunakan desktop PC pasti akan lebih mudah meraih performa yang stabil.

Sekarang mari membahas sisi gameplay. Jika kamu pernah memainkan seri Far Cry lain maka kamu tidak akan menemukan banyak perubahan di game ini. Kamu akan melakukan misi-misi yang bertujuan memperkuat The Resistance, mulai dari membersihkan Outpost yang dipenuhi para Peggies, menyelamatkan anggota The Resistance yang disandera, hingga menghancurkan aset-aset milik musuh. Kontrol karakter dan kendaraan darat, air, dan udara di game ini terasa solid, saya tidak merasa kesulitan sama sekali dalam mengendarai helikopter, jet ski, dan sebagainya.

C:\Users\ATL\Desktop\Far Cri 5\Vehicle.png

Shooting mechanics sudah oke, hanya saja jumlah weapon di game ini berkurang jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Menurut saya hal ini tidak terlalu menjadi masalah karena pada akhirnya saya sendiri hanya menggunakan beberapa set senjata yang menurut saya memiliki status terbaik. Tapi mungkin beberapa orang ingin mencoba hal yang lebih menantang dengan menamatkan game ini menggunakan berbagai variasi senjata.

Melee combat nampaknya telah ditingkatkan dibanding seri sebelumnya, karakter saya terasa lebih responsif ketika menggunakan senjata jarak dekat dan melakukan stealth takedown . Parasut dan Wingsuit masih bisa kamu dapatkan di game ini dan terdapat beberapa lokasi khusus yang didesain untuk dilalui menggunakan Wingsuit. Hal baru yang bisa kamu coba terdapat pada kumpulan quest Prepper Stash dan fitur Guns for Hire.

Prepper Stash merupakan berbagai side quest dengan bumbu mini puzzle, disini kamu akan menemukan berbagai note yang akan menjadi petunjuk untuk menyelesaikan puzzle. Puzzle tersebut juga secara tidak langsung menceritakan kisah-kisah yang terjadi di Hope County seperti yang sudah saya sebutkan di paragraph sebelumnya. Hal ini menjadi tambahan yang baik untuk membuat kamu tetap sibuk di dalam open world Far Cry 5, apalagi hadiah yang kamu dapatkan bisa digunakan untuk meningkatkan ability karaktermu.

C:\Users\ATL\Desktop\Far Cri 5\Only You.png

Guns for Hire merupakan fitur dimana kamu bisa merekrut karakter spesial untuk membantumu dalam battle. Mereka memiliki kemampuan spesial seperti air support, menyediakan senjata berat, bahkan terdapat karakter yang bisa mendeteksi musuh di balik dinding. Saya sendiri selalu menggunakan fitur “wallhack” tersebut meskipun jarak deteksinya terbatas. Tetapi terkadang mereka tidak terlalu cerdas, seringkali mereka terjebak dikerumunan musuh dan mati atau melakukan hal konyol lainnya seperti tertabrak mobil dan dimakan beruang.

Mau game Steam PC Far Cry 5 Original Gratis?
ikuti langkah berikut :
1. Like dan Share post ini di facebook kami, kemudian like&follow facebook page guideeater
2. Follow akun media social kami twitter Instagram
3. Subscribe youtube kami
4. Jadi subscriber website kami
5. Repost artikel ini di instagram kalian dan tag 3orang teman mu. Caption yang paling menarik dengan hashtag #guideeaterfarcry5 #guideeatergiveaway akan menjadi pemenang giveaway.
6. Pastikan menggunakan instagram asli kalian ya!
7. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 20 april 2018

Memang sudah sejak lama AI di seri Far Cry mendapat sorotan karena kebodohannya. Tapi kebodohan itu tidak terlalu mengganggu dan malah memberikan kelucuan tersendiri. Kapan lagi kamu bisa melihat para Peggies lari terbirit-birit karena mobilnya menabrak peternakan lebah sampai mereka memanggil air support? Dalam combat, jika posisimu asal-asalan AI pasti akan dengan mudah menembakmu sampai mati. Mereka dapat mengambil posisi dan menembak dengan baik ditambah lagi mereka sulit dideteksi di malam hari.

Hal terbaik yang akan kamu temui di Far Cry 5 adalah sound design-nya . Ketika kamu menyusuri pepohonan dalam damai, kamu bisa mendengar suara rumput yang tertiup angin, burung yang berkicau, atau suara aliran air di sungai. Ketika kamu mulai terlibat pertarungan, BGM yang memicu adrenalin akan bermain. Game ini memiliki kumpulan musik yang membuatmu merasa damai dalam konflik yang sedang terjadi. Mereka berhasil menghadirkan musik yang tepat untuk tiap situasi, baik yang memicu adrenalin ataupun menenangkan jiwa.

C:\Users\ATL\Desktop\Far Cri 5\Grapple.png

Co-op campaign di game ini terbatas untuk teman yang ada di friend listmu, tidak ada fitur matchmaking yang memungkinkan kamu bermain dengan orang asing. Dan hanya host yang bisa mendapatkan progress dari permainan co-op. Menurut saya fitur yang diberikan pada co-op di Far Cry 5 masih bisa lebih baik dari ini. Saya tidak sempat mencoba performa mode co-op di game ini karena teman di friend list saya tidak memiliki Far Cry 5.

Ada satu lagi hal baru yang Ubisoft tambahkan yaitu Far Cry Arcade. Fitur ini memungkinkan kamu untuk membuat levelmu sendiri dan memainkan level yang dibuat orang lain. Saat ini saya belum menemukan level buatan orang yang menarik, tapi saya yakin dalam satu atau dua bulan akan banyak level keren yang bermunculan. Ketika kamu sudah kehabisan hal yang bisa dilakukan, Arcade ini bisa menjadi tempat pelarian yang baik.

Jadi apakah Far Cry 5 benar-benar keren? Menurut saya game ini keren dan wajib kamu mainkan, apalagi jika kamu penggemar game action. Meskipun jalan cerita kurang terpoles dan good ending-nya kurang memberikan impact, kamu akan mendapatkan grafis yang menawan dan musik yang indah serta game yang telah teroptimasi dengan baik. Gameplay yang diberikan tetap solid meskipun tidak banyak perubahan dibandingkan dengan seri sebelumnya. Open world di game ini juga akan membuatmu sibuk dalam waktu yang cukup lama.

Far Cry 5

Score: 4/5

Reviewed on PC

Platform: PC, PS4, Xbox One

Publisher: Ubisoft

Developer: Ubisoft

Release Date: 27 Maret 2018