Epic Games Menuntut Mantan Karyawan Mereka karena Membocorkan Detail Fortnite Season 4

0
fortnite

Epic Games menuntut mantan karyawan mereka karena telah membocorkan detail dari Fortnite Season 4. Thomas Hannah, mantan tester QA Fortnite, membocorkan detail informasi Season 4 sebelum update tersebut sempat diluncurkan. Padahal Hannah telah menandatangani perjanjian terbuka yang membuatnya terikat secara hukum untuk menjaga rahasia pengembangan Fortnite.

Berdasarkan tuntutan hukum (via IGN) yang Epic Games keluarkan pada bulan Mei, Hannah bergabung dengan Epic Games pada bulan Desember 2017 dan telah mengundurkan diri pada bulan April 2018. Selama bekerja disana Hannah memiliki akses kedalam informasi rahasia pengembangan dan rencana Fortnite kedepannya melalui konferensi langsung.

Tiga minggu setelah Hannah mengundurkan diri, “internetadam” menampilkan bocoran Battle Pass Fortnite Season 4 melalui Reddit. Namun orang dibalik nama internetadam bukanlah Hannah, orang tersebut adalah Adam DiMarco, yang mengaku mendapatkan informasi tersebut dari Hannah.Tentu saja perbuatan tersebut melanggar kewajiban kontraktual yang telah Hannah setujui dimana ia harus menjaga keamanan dan integritas informasi eksklusif tersebut.

Akibat dari perbuatan tersebut adalah rusaknya ketegangan dan kenikmatan para pemain atau penonton Fortnite yang telah menunggu kedatangan musim mendatang. Efek antisipasi dan kegembiraan yang telah dibangun oleh Epic Games melalui perencanaan kreatif easter egg, teaser, dan trailer menjadi berkurang.

Hannah memberikan respon pada tanggal 21 Juni yang menyatakan bahwa memang benar ia bekerja untuk Fortnite namun bukan pada bagian Fortnite Battle Royale, dua hal tersebut adalah bagian yang berbeda.

Mengenai klaim dari Epic Games, Hannah hanya mengakui sebagian klaim tersebut. Ia mengatakan bahwa DiMarco mendorong dia dengan serangkaian pertanyaan dan menyimpulkan dimana meteor pada Season 4 akan mendarat kemudian mempublikasikan informasi tersebut secara sepihak .

Bagaimana menurut kalian eater? Apakah Hannah pantas dituntut? Atau mungkin menurut kalian Epic Games terlalu berlebihan? Sementara itu DiMarco tidak mendapat gugatan karena ia tidak pernah menandatangani perjanjian terbuka seperti Hannah.