Dalam sebuah wawancara dengan Famitsu di tahun 2017, brand manager Omega Force mengatakan bahwa Dynasty Warriors 9 akan mengejutkan para gamer dan akan hadir dengan impact yang lebih besar dari yang bisa kita bayangkan. Game ini merupakan seri pertama yang hadir dengan fitur open world, tentunya hal ini menjadi tantangan baru bagi sang developer. Apakah game ini layak untuk dimainkan? Silahkan lihat review Dynasty Warrior 9 kami untuk mencari tau.

Dynasty Warrior 9 masih mengambil jalan cerita berdasarkan novel sejarah Romance of the Three Kingdoms dimana terdapat tiga dinasti yang menguasai daratan Cina selama hampir 100 tahun. Hanya terdapat sedikit perbedaan cerita di beberapa karakter, secara garis besar jalan cerita game ini masih sama dengan sequel sebelumnya. Kamu akan mengikuti berbagai plot, pertempuran, intrik, serta perjuangan tiap dinasti dan pengalaman tiap karakter akan unik karena tiap karakter memiliki sifat dan ambisi yang berbeda-beda.

F:\PS4\SHARE\Screenshots\DYNASTY WARRIORS 9\DYNASTY WARRIORS 9_20180220105245.jpg

Terdapat lebih dari 80 karakter di game ini, namun pada awal permainan kamu hanya dapat memilih tiga karakter yaitu Cao Cao, Sun Jian, dan Liu Bei. Kamu dapat membuka karakter-karakter lain seiring dengan berjalannya cerita. Setelah memilih karakter kamu akan diberikan tutorial yang mencakup hal-hal dasar dalam bertarung. Tutorial tersebut lengkap menjelaskan tiap tipe serangan yang bisa kamu lakukan seperti flow attacks, reactive attacks, trigger attacks, dan special technique. Satu hal yang kurang dari tutorial adalah penjelasan fungsi reactive attacks yang kurang mendalam.

Setelah menyelesaikan tutorial barulah kalian dapat menikmati fitur open world dari game ini. Namun reaksi saya ketika pertama terjun ke area open world adalah “kok ngelag?”. Beberapa menit saya berjalan-jalan di hamparan sawah saya merasakan lag yang luar biasa, semuanya terasa patah-patah. Kemudian saya memutuskan untuk me-restart game dan masuk ke menu option. Ternyata terdapat dua pengaturan grafis yaitu movie mode dan action mode, dan saat ini saya sedang menggunakan pengaturan movie mode yang katanya mengoptimalkan resolusi dan memberikan FPS yang stabil di angka 30.

F:\PS4\SHARE\Screenshots\DYNASTY WARRIORS 9\DYNASTY WARRIORS 9_20180220094837.jpg

Tanpa pikir panjang saya langsung mengubah pengaturan ke action mode sambil berharap bahwa game ini akan berjalan dengan mulus. Saya masuk kembali ke dalam game dan ternyata benar, permainan menjadi lebih mulus namun tidak mencapai 60 FPS seperti yang dijanjikan. Dan nilai FPS selalu naik turun secara signifikan tergantung sedikit banyaknya hal yang muncul di layar. Menurut saya untuk game dengan banyak action didalamnya gerakan yang mengalir dengan mulus dan stabil tanpa terasa lag merupakan hal yang wajib dan game ini gagal dalam memenuhi syarat tersebut.

Melihat sisi open world di game ini, dunia terasa luas namun tidak ada hal spesial di dalamnya dan hanya sedikit interaksi yang bisa kita lakukan. Siapa yang bertanggung jawab atas world design di game ini? Kebanyakan area terlihat monoton dan berulang-ulang, alam yang dihadirkan terlihat usang dan membosankan sampai ke pertengahan game dimana area yang kita lalui agak hijau. Mereka menaruh fitur seperti mengumpulkan item, berburu, memancing, melawan bandit, dan membeli rumah yang berfungsi seperti safe house. Sejujurnya saya hanya pernah melakukan hal-hal tersebut beberapa kali karena memang musuh di game ini cukup mudah dan saya tidak memerlukan item untuk upgrade equipment agar dapat menamatkan game ini.

F:\PS4\SHARE\Screenshots\DYNASTY WARRIORS 9\DYNASTY WARRIORS 9_20180220095639.jpg

Karena menggunakan open world, untuk menjalankan misi kamu harus berjalan atau menaiki kuda ke lokasi pertempuran. Terdapat fitur penunjuk jalan dan auto-run dimana karakter kamu akan secara otomatis berjalan ke target namun sepertinya fitur ini tidak teroptimasi dengan baik. Auto-run akan bergerak sesuai dengan petunjuk tapi petunjuk itu sendiri tidak memperhitungkan adanya hambatan di jalur yang akan dilewati. Berkali-kali kuda yang saya tunggangi menabrak pagar di camp dan pepohonan di hutan, selain itu petunjuk jalan hanya mengikuti jalan utama dan tidak bisa memotong jalan. Untungnya terdapat fitur fast travel jadi kamu tidak perlu menyaksikan kudamu menabrak pagar.

Sekarang mari kita bahas aspek battle dari game ini. Walaupun memiliki lebih dari 80 karakter yang bisa dimainkan namun pada dasarnya mereka semua memiliki gerakan dengan fungsi yang sama dan yang berbeda hanyalah animasinya saja. Hal ini tidak membangun keberagaman gaya bermain dan tiap pertarungan menjadi terasa membosankan dan dangkal. Pilihan weapon menjadi lebih sedikit dibanding dengan sequel sebelumnya sehingga lagi-lagi membuat game lebih monoton. Penambahan fitur grapling hook malah membuat efek negatif, tembok kastil tidak berarti apa-apa lagi, pasukan siege menjadi tidak berguna karena untuk apa menunggu mereka menjebol gerbang kalau kita bisa memanjat menggunakan grapling hook?

F:\PS4\SHARE\Screenshots\DYNASTY WARRIORS 9\DYNASTY WARRIORS 9_20180220100336.jpg

AI pasukan musuh benar-benar dibuat menjadi bodoh, ratusan pasukan musuh di luar dan di dalam kastil tidak memiliki fungsi yang berarti, kamu bisa langsung berkuda ke depan boss kemudian membunuhnya dan karena pemimpin mereka sudah mati sisa pasukan yang lain kabur dan kalau kamu ikuti, mereka akan secara tiba-tiba hilang ditelan bumi. Hal konyol lainnya adalah sebuah pasukan terkadang tersangkut di tebing ditengah-tengah battle atau hewan yang sedang kita buru terkadang tidak bergeming ketika terkena panah.

Terdapat sebuah misi yang konyol yaitu misi dimana saya harus kabur dari kota, terdengar mudah namun hal yang tidak saya ketahui adalah saya harus menjaga Dian Wei tetap hidup, yang tentunya tidak tertulis di objektif misi tersebut. Parahnya lagi, entah kenapa game ini melakukan save secara otomatis sesaat sebelum Dian Wei mati, dan saat saya load save file saya harus kembali ke detik-detik kematian Dian Wei dan secara otomatis misi gagal. Akibatnya dari misi yang buruk tersebut adalah saya harus mengulang chapter tersebut dari awal. Voice acting dan facial animation di game ini juga cukup buruk, tetapi hal ini sudah terjadi sejak sequel Dynasty Warriors terdahulu. Saya sendiri sebagai seseorang yang tidak memperdulikan voice acting merasa terganggu mendengarkan percakapan suara didalam game.

F:\PS4\SHARE\Screenshots\DYNASTY WARRIORS 9\DYNASTY WARRIORS 9_20180220101024.jpg

Jadi apakah Dynasty Warriors 9 layak dimainkan? Tentu saja tidak, saya tidak menyarankan kamu untuk membeli game ini apalagi jika kamu fans Dynasty Warriors sejati, game ini akan mematahkan hatimu. Game ini memiliki jalan cerita yang sama dengan sequel sebelumnya ditambah dengan berbagai isu grafis seperti FPS drop, clipping, dan draw distance yang rendah. Fitur open world yang ditawarkan sangat kosong, monoton, dan membosankan kemudian aspek combat di game ini pun dangkal dan tidak berwarna. Voice acting dan facial animation yang buruk juga hadir sebagai pelengkap semua kekacauan ini.

Dynasty Warriors 9

Score: 2 / 5

Platform: Win, PS4, Xbox One

Publisher: Koei Tecmo

Developer: Omega Force

Release Date: February 13, 2018