Anthem, Game Yang Sedang Dikembangkan BioWare Sepertinya Sedang Berada Dalam Masalah Besar

0
Anthem

Anthem merupakan proyek ambisius yang sedang dikembangkan oleh BioWare dan merupakan franchise baru mereka dalam 8 tahun terakhir. Namun sepertinya game yang sedang mereka kembangkan berada dalam masalah besar. Game ini masih dalam tahap pengembangan dan minggu lalu lead writer mereka Drew Karpyshyn mengumumkan bahwa ia telah mengundurkan diri dari BioWare.

Ini bukan pertama kalinya Drew Karpyshyn meninggalkan BioWare. Pada tahun 2012 ia pernah meninggalkan BioWare untuk mengerjakan beberapa seri novel, dan kemudian kembali ke BioWare untuk mengerjakan Star Wars: The Old Republic dan kemudian Anthem. Alasan kepergiannya kali ini karena ingin fokus kepada pekerjaan freelancenya dan menurutnya pekerjaan di BioWare sangat menuntut secara kreatifitas dan terkadang melelahkan sehingga sulit baginya untuk membagi prioritas dengan proyek freelancenya.

Bayangkan seseorang yang memiliki pekerjaan tetap di BioWare, lebih memilih proyek freelance sebagai prioritas daripada pekerjaan tetapnya. Hal ini mengindikasikan adanya suatu masalah di dalam pekerjaan yang ia lakukan. Apalagi Drew sampai meninggalkan Anthem yang masih dalam tahap pengembangan.

Selain itu menurut info dari Laymen Gaming, studio BioWare Austin juga kehilangan Hall Hood, lead writer yang kemungkinan besar juga mengerjakan Anthem. Pada Oktober tahun lalu Steven Gilmour lead animator Anthem juga meninggalkan BioWare. Tiga orang senior yang mengerjakan Anthem pergi setahun sebelum game ini dirilis!

Perkembangan game ini terlihat seperti Mass Effect: Andromeda dimana sebelum game dirilis, lead writer dan senior development director pergi meninggalkan pekerjaan mereka. Untuk kasus Anthem, yang pergi adalah dua orang lead writer dan lead animator.

Bisa kita lihat bagaimana hasil akhir Mass Effect: Andromeda, banyak review negatif yang diberikan untuk game ini. Bahkan hanya dalam waktu 5 bulan setelah game dirilis, BioWare mengumumkan bahwa mereka akan berhenti memberikan single player update untuk ME: Andromeda. Destiny merupakan contoh lain yang bisa kita amati, lead writer Joseph Staten meninggalkan Bungie setahun sebelum Destiny dirilis dan bisa kita lhat bagaimana dangkalnya jalan cerita di game in.

Anthem merupakan nyawa terakhir bagi BioWare dan mungkin akan menjadi game yang dapat memperbaiki reputasi EA. Mungkin ketiga staff senior yang meninggalkan Anthem mengambil jalan keluar terlebih dahulu sebelum EA menutup studio BioWare jika game mereka gagal dipasaran. Who knows? Yang pasti, kepergian tiga staff senior Anthem menunjukkan bahwa Anthem sedang berada dalam masalah besar.