Inilah 5 Perbedaan Arena of Valor di Nintendo Switch dan Ponsel

0

Pasti diantara para Eater ada yang main Arena of Valor kan? Nah Tencent, sang pengembang AOV, telah merilis game ini untuk Nintendo Switch di bulan September. Meskipun judul dan pengembangnya sama tetapi versi Switch memiliki beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan versi ponsel. Apa aja sih perbedaan yang ditawarkan Arena of Valor di Nintendo Switch? Simak artikel dari Guide Eater biar kamu tau perbedaan kedua versi tersebut.

 

Perbedaan Arena of Valor di Nintendo Switch dan Ponsel

 

User Interface

UI Arena of Valor Nintendo Switch

Perbedaan paling pertama bisa kamu lihat pada user interface (UI). UI Arena of Valor di Nintendo Switch memiliki desain khusus untuk memudahkan navigasi menggunakan kontroler dengan desain simpel, minimalis, dan mudah di akses. Hal ini membuat tampilan layar AOV di Nintendo Switch lebih rapih dan enak dipandang.

Tentu saja hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan AOV versi ponsel, dimana sang pengembang terpaksa meletakkan banyak menu ke dalam layar. Secara fungsionalitas, UI di versi ponsel sudah cukup baik, namun banyaknya tombol yang berserakan membuat tampilan layar tidak sedap dilihat.

 

Kontrol

Kontrol Arena of Valor Nintendo Switch

Kontrol Arena of Valor di Nintendo Switch jelas lebih superior karena menggunakan kontroler fisik yang lebih nyaman dengan tingkat presisi analog yang lebih baik. Akses tombol yang lebih banyak memungkinkan kamu untuk menggunakan skill atau membeli item dengan lebih cepat. Selain itu kamu juga bisa mengatur fungsi tiap tombol dengan sesuka hati.

AOV versi ponsel menawarkan tombol virtual yang tertanam di dalam layar. Tombol tersebut hanya bisa diakses dengan kedua jempol tangan sehingga kemungkinan manuver agak terbatas. Presisi analog virtual cukup baik, tapi karena letaknya yang berada di layar, mau tidak mau jari kamu akan menghalangi sedikit bagian layar.  

 

Kualitas Grafis

Gameplay Arena of Valor Nintendo Switch

Secara grafis, AOV versi Nintendo Switch memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan versi ponsel. Kontras warna yang ditampilkan lebih tinggi, lingkungan di Arena Antaris mendapat penambahan detail, dan model karakter menjadi lebih halus.

Arena of Valor Versi ponsel memang tidak memiliki kualitas grafis sebaik versi Switch, namun kamu bisa mengaktifkan mode high frame rate yang membuat gameplay dan transisi UI menjadi lebih mulus. Saat ini, versi Switch tidak memiliki mode high frame rate jadi kamu hanya bisa bermain di FPS rendah.

 

Hero

Butterfly Arena of Valor Nintendo Switch

Arena of Valor di Nintendo Switch hanya memiliki 40 hero. Jumlah ini kalah jauh jika dibandingkan dengan versi ponsel yang memiliki lebih dari 70 hero. Para superhero dari DC Comics belum muncul sama sekali di versi Switch. Selain itu, beberapa hero yang mendapat rework di versi ponsel belum berubah di versi Switch. Salah satu contohnya adalah Butterfly yang masih memiliki skill pasif dengan efek menyembuhkan 15% HP.

 

Item

Slikk's Sting Arena of Valor Nintendo Switch

Sama seperti hero, item-item di AOV versi Nintendo Switch juga ketinggalan jika dibandingkan dengan versi ponsel. Item aktif seperti Bow of Slaughter, Arctic Orb, dan Rock Shield belum tersedia di versi Switch. Selain itu, beberapa harga dan efek dari item juga berbeda. Salah satu contohnya adalah Slikk’s Sting yang masih memberikan efek critical damage +50% dan memiliki harga 2050 gold.

 

Itulah 5 perbedaan Arena of Valor di Nintendo Switch dan ponsel. Kalau saya sih lebih senang bermain di Nintendo Switch. Meskipun hero dan item yang ditawarkan tidak up to date, kontrol yang lebih nyaman dan kualitas grafis yang lebih tinggi membuat saya betah bermain di Switch. Kalau kamu berencana membeli Nintendo Switch, sebaiknya kamu tahan dulu. Sebentar lagi Nintendo akan meluncurkan Switch model baru yang mungkin akan lebih bagus dari model yang saat ini tersedia. Kamu bisa unduh AOV untuk Switch disini.